Biznis.id, Solusi Tingkatkan Skill UMKM dari dan di Mana Saja, Ini Daftar Mentor dan Materinya

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Jumlah UMKM di Indonesia mencapai lebih dari 64 juta berdasarkan data dari Kemenkop UKM tahun 2018.

Jika dikembangkan secara profesional, UMKM Indonesia dapat berkontribusi meningkatkan perekonomian Indonesia.

Biznis.id hadir sebagai solusi yang dapat memberikan bimbingan mengenai pembentukan dan pengembangan bisnis bagi para UMKM di tengah perkembangan teknologi saat ini.

Hal ini agar UMKM di Indonesia lebih berdaya dan handal sehingga memiliki peluang untuk berkembang dan memiliki bisnis yang profitable dan sustainable.

Solusi dari Biznis.id berupa pembelajaran bisnis melalui platform digital dan disampaikan oleh para praktisi berpengalaman dan terkemuka di bidang bisnis.

Potensi UMKM

Founder Biznis.id Budi Satria Isman mengatakan, potensi UMKM di Indonesia sangat prospektif, terutama dilihat dari jumlah yang sangat besar.

Menurut data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia.

“Daya serap tenaga kerja UMKM adalah sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja dunia usaha,” tuturnya, dalam siaran resmi Kamis (28/1/2021).

Sementara itu kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB) sebesar 61,1% dan sisanya yaitu 38,9% disumbangkan oleh pelaku usaha besar yang jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau 0,01% dari jumlah pelaku usaha.

Sumber : https://wartakota.tribunnews.com/2021/01/29/biznisid-solusi-tingkatkan-skill-umkm-dari-dan-di-mana-saja-ini-daftar-mentor-dan-materinya