Biznis.id Bekali UMKM Lewat Platform Pembelajaran Digital

 

Jakarta, Beritasatu.com – Biznis.id mendorong usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia agar berdaya saing dam andal sehingga memiliki bisnis yang profitable dan sustainable. Langkah itu dilakukan dengan membekali dan memberikan bimbingan usaha kecil lewat platform pembelajaran digital.

Founder Biznis.id, Budi Satria Isman mengatakan, potensi UMKM di Indonesia sangat prospektif. Menurut data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Kemkop UKM) tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia. Daya serap tenaga kerja UMKM sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja dunia usaha. Sementara itu kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB) sebesar 61,1%, dan sisanya yaitu 38,9% disumbangkan pelaku usaha besar yang jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau 0,01% dari jumlah pelaku usaha. “Melihat data tersebut, UMKM sangat bisa berkontribusi untuk kemajuan Indonesia,” kata Budi dalam virtual press launch Biznis.id Kamis (28/1/2021).

Budi Satria Isman mengatakan, bagi UMKM yang akan memulai atau mengembangkan bisnis perlu memahami banyak hal terutama dalam hal business skills, pemahaman terhadap market, permodalan, penggunaan teknologi, finansial, legalitas dan pengembangan jaringan. Hal itu dapat dipelajari melalui platform pembelajaran bisnis secara digital, Biznis.id. “UMKM diharapkan memiliki keahlian yang baik sehingga dapat berkembang,” kata dia.

Founder Biznis.id, Baskorohadi Sukatmo, mengatakan Biznis.id adalah platform pembelajaran bisnis secara digital yang memberikan bimbingan pada UMKM sehingga bisnisnya berkembang. Materi disampaikan oleh para mentor dan praktisi berpengalaman di bidang bisnis. “Para mentor tidak hanya membagi cerita keberhasilan dalam menghadapi bisnis, tetapi memberikan bimbingan berupa langkah-langkah konkret untuk pembentukan usaha, dan mengatasi kendala serta melihat peluang ke depan,” kata dia.

Ada beragam kelas pembelajaran di Biznis.id, mulai fundamental bisnis seperti Smart Business Map dan Value Creation sampai dengan bidang spesifik; Finance & Human Capital seperti Managing Working Capital, Cashflow Management, Understanding Financial Report, Smart Interview, Coaching Skills.

CEO dan Co-Founder Miranda Moda Indonesia, Muhamad Pandu Rosadi, menyampaikan, sebagai pengguna solusi Biznis.id, dirinya merasa terbantu untuk meningkatkan skill dalam mengelola Miranda Moda Indonesia, perusahan kreatif yang menaungi brand modest fashion, Ria Miranda. “Saya mendapatkan banyak insight dari sisi pengembangan brand, memahami laporan keuangan dan mengelola sumber daya yang dimiliki,” kata dia.

Sumber : https://www.beritasatu.com/ekonomi/725103/biznisid-bekali-umkm-lewat-platform-pembelajaran-digital